PSIKOLOG WARNA, langkah awal membuat LOGO Produk


Kenapa sebagian orang sering meributkan soal warna, seperti :


Besok kamu pakai baju warna apa?

Hai, apakah warna tas ini sesuai dengan warna OOTD ku?

Kenapa kamu sering menggunakan warna biru?

Warna merah adalah dirimu.


Kalian pasti pernah mendengar pertanyaan semacam itu, baik kamu yang bertanya atau kamu yang ditanyai.


Menurutmu apakah warna dapat mencerminkan karakter seseorang?


Mari kita cari jawabannya di bawah ini ya


PSIKOLOGI WARNA


Menurut Ashton Hauff  warna adalah isyarat emosional. Itulah mengapa seseorang ingin melihat apa yang kalian lihat, rasakan, sesuatu yang dilakukan, sampai warna apa yang kamu pilih dan sebagainya.


Inilah sebabnya pemahaman psikologi warna sangat penting.


Namun, tidak sedikit juga orang memilih warna yang kurang pas. Untuk itu pemahaman ini bisa kamu gunakan untuk memilih warna yang sesuai dengan kepribadian atau karaktermu.


PSIKOLOGI WARNA MERAH


Merah adalah warna dinamis yang cenderung membangkitkan gairah, kegembiraan dan emosi.


Jika di dunia desain warna merah sering digunakan untuk menyampaikan kepentingan dan perintah perhatian.


Lain di logo desain, warna merah menyampaikan perasaan kekuatan, energi, gairah, cinta dan rayuan

Kamu juga bisa menggunakan warna merah untuk merek bisnismu yang menunjukkan sifat ramah, menyenangkan, muda dan modern.


Kesimpulannya

Jika ingin memiliki karakter yang sangat kuat atau ingin mendapat perhatian dari seseorang dengan cepat. Merah adalah warna yang tepat untuk mu.


NB: jangan terlalu berlebihan dengan warna merah jika tidak ingin terlihat ekstrem atau terlalu menggoda

PSIKOLOGI WARNA ORANYE


Kamu masih ingat dengan pencampuran warna antara merah+kuning. Itu adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran warna primer.


Kamu bisa lihat postingan ku yang ini

Klik disini: Dasar memahami teori warna:untuk mempercantik desainmu


Perpaduan dari warna merah yang menghasilkan kekuatan dengan keramahan dari warna kuning. Membuat psikologi warna oranye memiliki makna yang sangat menarik.


Warna oranye memberikan kenyamanan fisik serta dapat meningkatkan nafsu makan juga. Oranye juga dikenal sebagai warna motivasi, sikap positif dan antusias untuk hidup.


Mari kita lihat, warna oranye bagi seorang dsainer:


Logo desain dengan warna oranye dapat membangkitkan perasaan ceria, ramah dan antusias. Jika kamu memerlukan warna merek untuk bisnis hiburan, makanan dan minuman warna oranye ini bisa kamu gunakan.


Secara umum warna oranye menghadirkan kenyamanan di masa-masa sulit. 


NB: selain itu kamu juga perlu melihat skema warna oranye atau mencari ide di website untuk mendapatkan hasil warna oranye yang tepat untuk bisnismu sehingga tidak terlihat norak nantinya.

 

PSIKOLOGI WARNA KUNING


Kuning adalah lambang kebahagiaan apapun yang berhubungan dengan kebahagiaan selalu dikaitkan dengan warna kuning.


Jika kamu ingin membangkitkan semangat seseorang, kepercayaan diri atau memberikan inspirasi jangan lupa gunakan warna kuning.


Sedangkan untuk penerapan warna kuning di desain logo, memberikan pesan ramah, ceria dan kebahagiaan. Namun tidak banyak brand memakai warna kuning ini.


Karna tidak banyak yang menerapkannya, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk brand mu agar terlihat menonjol dari yang lain. Tapi tetap pilih warna kuning yang sesuai untuk brand mu ya.


Jangan biarkan orang lain tidak nyaman melihat logo kuning yang kamu buat.


PSIKOLOGI WARNA HIJAU


Warna hijau adalah warna keseimbangan dan harmoni karna warna hijau sering disambungkan dengan kehidupan alam.


Secara umum jika kamu ingin menggambarkan kesehatan, istirahat dan menghilangkan stress, hijau adalah warna yang tepat.


Untuk desain logo berwarna hijau sering digunakan dalam produk yang berkaitan dengan lingkungan seperti sayuran, cinta lingkungan, tanaman dll.


PSIKOLOGI WARNA BIRU


Warna biru adalah kepercayaan, dapat di andalkan, bertanggung jawab dan menenangkan mental.


Warna sejuta umat ini sangat disukai dan dapat membawa rasa tenang serta kepercayaan saat membangun hubungan.


Warna biru ini juga salah satu warna favorit bagi pebisnis karna kepercayaan dan keseriusan yang dapat membuat orang tertarik kepada warna ini.


Di dunia desain logo, warna ini dikaitkan dengan rasa tenang, kontrol, logika, kejujuran, kepercayaan antar merek dan keamanan.


Namun sayang warna biru di logo sudah banyak yang menggunakannya. Sehingga tidak ada hal yang menarik lagi untuk bisa ditonjolkan.


PSIKOLOGI WARNA UNGU


Warna ungu adalah warna imajinasi dan spiritual. Campuran warna dari merah+biru menjadikan campuran yang sempurna antara fisik dan spiritual.


Warna ungu sering digunakan untuk menunjukkan kemewahan, kesetiaan, keberanian, misteri dan keajaiban.


Logo berwarna ungu juga mempunyai kekuatan untuk menarik perhatian orang lain dan logo mu akan terlihat mewah jika dipadukan dengan warna emas.


Sama dengan warna kuning, ungu juga masih belum banyak yang memakainya.


PSIKOLOGI WARNA PINK


Warna pink adalah kasih sayang dan cinta. Warna ini menjadi warna yang sempurna dalam merawat dan memahami, maka dari itu sangat dekat dengan wanita.


Warna pink juga dijuluki warna romantis karna sifat empati dan kepekaannya.


Warna pink di dalam logo sering digunakan untuk merek bayi, makanan penutup, pabrik mainan serta rumah sakit ibu.


PSIKOLOGI WARNA COKLAT


Warna coklat adalah warna yang dikaitkan dengan sifat kasar, maskulin dan serius. Karna memang warna coklat terlihat kuno atau vintage.


Namun jika diterapkan dikalangan pria warna coklat ini sangat popular di kedai barista penyedia kopi. 


PSIKOLOGI WARNA HITAM


Warna hitam adalah warna kecanggihan, keseriusan, kontrol dan kemandirian. Selain itu warna ini juga bisa menunjukkan kejahatan, misteri, depresi dan kematian.


Warna hitam adalah warna tertutup yang sama sekali tidak mempunyai cahaya. Jika dikalangan desain logo warna ini sangat diminati karna memang warna hitam adalah warna yang kontras dan mempunyai keterbacaan yang tinggi.


NB: disarankan untuk selalu menyertakan warna hitam di setiap mendesain logo, karna akan memudahkan kamu untuk memasukkan logo yang berbeda dengan cara yang lebih minimalis.

 

PSIKOLOGI WARNA ABU-ABU


Warna abu-abu dikaitkan dengan atribut dewasa, klasik dan serius. Jika dikaitkan dalam desain logo menunjukkan rasa professional, martabat, klasik, kesopanan, dan stabil. 


Biasanya brand yang menggunakan warna abu-abu sangat populer  dikalangan perusahaan peralatan, IT, keuangan dan teknologi tinggi.


PSIKOLOGI WARNA PUTIH


Putih adalah warna murni, kepolosan, kebersihan, dan kedamaian. Warna putih juga dapat mewakili awal yang baru.


Warna putih dalam desain logo sering digunakan sebagai warna pelengkap.

Merek terkenal yang menggunakan logo putih sebagai warna pelengkap adalah FedEx, Tesla dan The North Face.


Itulah beberapa psikolog warna yang terkenal dikalangan desainer.


Psikologi warna ini juga bisa kamu gunakan untuk langkah awal membuat suatu brand atau merek bisnismu. Karna warna adalah persepsi, perasaan atau emosi yang ditunjukkan untuk mengenalkan karakter dan kepribadian kita.


Kita sudah selesai membahas soal psikolog warna, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa tulis komentar di bawah ini. Karna aku sudah tidak sabar ingin membalas satu persatu komen dari kalian

SEE YOU.

SUMBER




No comments:

Post a Comment